Jumat, 11 Maret 2011
Klangenan baru (RX KING 2002)
Untung tak dapat diharap, malang tak dapat ditolak (bener nggak ya). Walau masih mengidamkan Kawasaki KLX. Akhirnya siang tadi terboyong klangenan baru. Yup, Yamaha RX-King tahun produksi 2002. Motor jambret berkapasitas 135CC 2-tak tersebut, didapat dengan harga yang lumayan agak mahal yaitu Rp.9,25 juta.
Setelah pengamatan dan test ride sejauh 25km antara Kediri dengan Pare, ada beberapa catatan sebagai berikut: Tenaganya tak segalak namanya, maklum ni motor banyak ngendon di rumah si empu yang lama. Hal ini terbukti dengan KM speedo yang baru 6.000an, bandingkan dengan Scorpio 2005 yang sudah menyentuh angka 68.000 (kebanyakan Touring). Kampas kopling sejak tahun 2002 belum pernah diganti, wadaw... Daleman Knalpot yang kotor ala 2-tak, kayaknya juga menjadi salah satu penyebab kurang ngacirnya motor jagoan ini. Velg SW depan agak sedikit peyang, walhasil kesemutan juga neh kaki dan tangan akibat goyangan.
Tak ada oli yang merembes/ ngiler di ruang mesin. Benar-benar bersih walau keliatan jarang dicuci oleh pemilik lama.
Nguuukkkkkkkk… suara yang merdu dari knalpotnya, mampu mengintervensi pengendara lain. Terdengar bahwa ada motor kencang mau lewat. Khas suara RX King, merduuuuu.. bak nyanyian Gita Gutawa..(glodaghhhh...)…
Berikut spesifikasinya :
MESIN
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : AutolubeSUSPENSI/BAN
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PRCHASSIS
Berat Kosong : 100 kg
Tipe Rangka : Double Cradle
Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Jarak Tempat Duduk : 770 mmPERFORMA
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPMSISTEM PENGEREMAN
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Tromol
Terhitung sejak tahun 2007, sesuai regulasi pemerintah, semua sepeda motor produksi baru, harus memenuhi standard emisi international Euro 2. Regulasi tersebut berlaku untuk sepeda motor baru yang diproduksi sejak tahun 2007.
Nagh, sejak saat itu muncul issue bahwa motor 2 tak dilarang mengaspal. Saat itu pihak Kawasaki masih mampu bertahan dengan Ninjanya sampai sekarang, namun malang bagi YMKI, mereka perlahan menyetop/stop produksi motor jambret ini per tahun 2009. Berarti King telah mampu manjadi “Raja” selama 25 tahun di Indonesia. “Kalau kabar RX-Z ama RZR gimana ya sekarang?“.
Bagi anda penyuka RX King silahkan Klik Link (RX-King) tersebut. Saya kasih bonus livery warna lengkap RX King yang pernah beredar neh..
Nostalgia Motor Yamaha periode 1980-1985
25 August 2010
Sebelumnya kita sudah mengenal motor yang pertama kali dipasarkan di Indonesia oleh Yamaha (link)
pada periode 1976-1977 sekarang kita menuju pada periode tahun 80-an di tahun-tahun ini Yamaha mulai aktif menelurkan motor-motornya di Indonesia tercatat ada 6 tipe motor, salah satunya adalah sang legenda yaitu RX King yang lahir tahun 1983, selain itu ada juga motor bebek Yamaha 80, dan juga varian motor laki RX, yang juga dipakai di film satria baja hitam (kamen rider) tuh motor hehehehe
Khusus untuk RX king para periset melakukan survei ke Jawa, Sumatra dan beberapa bagian Indonesia dan menyodorkan gambar motor yang akan keluar, dan mereka rata-rata mengingkan motor yang “gagah” Hasil Riset diberikan pada para konseptor waktu itu yaitu bapak-bapak di bawah ini, dan hasilnya perubahan sedikit desain pada bagian depan sehingga mengesankan seperti hewan yang akan menangkap mangsanya, dan banyak dari partisipan survei yang berseru ini baru gagah!!
Hasil Riset pasar juga menunjukkan banyaknya keluhan pada mesin 2 tak yaitu borosnya bahan bakar, rendahnya kekuatan pada RPM rendah, dan asap yang banyak, dan RX king yang muncul mampu menjawab keluhan-keluhan tersebut berkat Yamaha Energy Enduction System dan tenaga yang besar hingga 5000 rpm dengan Yamaha Computerized Lubrication System, Tidak heran sampai sekarang pun Motor tersebut menjadi legenda.
RX KING
Yamaha RX-King 135cc Concept
Diposkan oleh mutawalli
Yamaha RX-King 135cc street figther bike in my country Indonesia ...usually ride for ilegal street racing ... and some of bad guy ride this bike for robbery..criminal action...small and fast...for tune up engine (modification/underbone) it can run until 180km/hr