Sabtu, 05 Februari 2011

Yamaha Hentikan Produksi RX-King

YRKI.blogspot.com - PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku ATPM sepeda motor Yamaha memutuskan untuk menyetop produksi RX-King, sepeda motor jenis sport yang begitu melegenda di Tanah Air. “Kami berhenti memproduksi motor tersebut sejak Februari,” kata Wakil Presiden PT YMKI Dionysius Beti, Selasa (24/3) di Jakarta. Langkah tersebut dilakukan atas mandat dari kantor prinsipal di Jepang.

Selain sudah terlalu lama, teknologi yang diusung tak sesuai dengan standar emisi gas buang. Motor berkapasitas 150 cc itu berteknologi 2-tak, sementara sekarang umumnya bermesin 4-tak. Dijelaskan oleh Dion, kalau mau mengembangkan kembali, butuh biaya tinggi dan harga jualnya jadi tinggi dan masyarakat tak sanggup membeli.

Walau demikian, untuk mengenang legendanya, YMKI mengeluarkan Yamaha RX King limited edition. Ini sekaligus untuk menandai kiprahnya di jagat sepeda motor selama 30 tahun. “Jumlahnya sangat terbatas tidak sampai 100 unit saja dan ini menghabiskan stok yang ada,” tandas Dion.

Sejak kelahirannya di tahun 1980 sampai Februari 2009, penjualan Yamaha RX King sudah menembus 1 juta unit. Pada 2008, penjualannya menembus angka 12.017 unit dan sampai Februari 2009 sudah mencapai 3.992 unit.

YMKI juga tidak berencana untuk mengeluarkan pengganti Yamaha RX King. Mereka mengaku cukup hanya dengan mengandalkan varian dari Vixion dan Scorpion. Ini sekaligus menepis isu bahwa YMKI bakal mengeluarkan Fazer 250. “Kami memang akan mengeluarkan beberapa produk baru di tahun ini, tapi belum bisa saya beritahu,” tukasnya.

Sumber

Yamaha RX-King Diburu

YRKI.blogspot.com - Pastinya semua orang udah pada tau klo yang namanya jambret pasti pake king, tapi itu dulu, segelintir kisah ali topan yang pernah hidup di jalanan ibu kota. Semenjak pensiun agustus 2008, setahun lamanya dia menghilang namun kini dibeberapa kota besar diindonesia virus rx-king kembali mewabah.

Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Yogya, dan beberapa kota besar lainnya kembali membangkitkan pesona Yamaha RX-King, tak pelak motor legendaris ini menjulang harganya. Meskipun bekas namun harganya melebihi motor dikelasnya.

Awal produksi ditahun 1980 hingga menutup mata ditahun 2008 tidak membuatnya redup dimakan usia, sebaliknya “si raja” semakin menjadi populer berbekal mesin 135cc 2 tak dengan power sebesar 18.5hp merupakan senjata andalannya untuk menaklukan lawan.

Buat para bikers yang tergabung dalam komunitas Rx-King untuk dapat melestarikan motor legenda kita, semoga anak cucu kita nanti bisa tau ini loh.. modal papa dulu buat nge-gebet mama.. peace yaw..

Sumber

Yamaha Ingin Bangkitkan Lagi RX King

New Delhi, YRKI.blogspot.com - Penggemar motor Yamaha RX King wajib gembira, sebab Yamaha Motors kabarnya akan menghidupkan kembali sang legenda RX King.

Tapi tahan dulu, itu baru niat dari Yamaha Motors India. Seperti dikutip dari Indiaon2weels, Jumat (22/1/2010), Yamaha RX100 di India sana atau yang di Indonesia dikenal dengan RX King, akan kembali dihidupkan.

"Kami sedang mencari produk yang bisa menggantikan RX100," ujar National Business Head India Yamaha Motor, Pankaj Dubey.

Sebab, kata dia, RX100 ini merupakan sepeda motor Yamaha dengan penjualan terbaik di India. Bahkan, katanya, motor tersebut hingga saat ini sangat digemari oleh pecinta roda dua.

Namun Dubey menambahkan, Yamaha India tidak akan menghadirkan RX King bermesin 2-tak, melainkan versi mesin 4-tak. Sayangnya ia belum menyebutkan kira-kira berapa kapasitas silinder yang bakal diusung next generation RX tersebut agar menyamai kemampuan RX100 2-tak.

Di Indonesia sendiri, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sendiri pertengahan tahun lalu telah memutuskan untuk tidak lagi memproduksi RX King untuk pasar domestik.

Sumber

Yamaha RX-King - Si Jambret Ternyata Masih Bergigi

YRKI.blogspot.com - Seiring dengan tenggelamnya motor 2Tak (kecuali Ninja) karena digeser motor 4tak, kini RX-King sudah lumayan jarang kita temui khususnya dijalanan Jakarta. Suara mesinnya yang khas serta yahudnya accelerasi dulunya merajai blantika otomotif motorsport 2tak Jabodetabek. Tapi itu dulu bro,…bagaimana dengan sekarang..???

Makin bertambahnya usia, performa mesin RX-King makin menurun. Ditambah keputusan internal YMKI yang menyatakan menghentikan produksi RX-king sejak dua tahun lalu. Walau sudah ada komitmen dari pihak Yamaha akan menyediakan suku cadangnya sampai 5 tahun kedepan tidak serta merta bisa mendongkrak pamor si raja jambret. Kalau ditanya mungkin dari 50 orang hanya 2 orang saja yang memilih motor ini sebagai tunggangannya, dalam kondisi barang second tentunya. Apakah akan murah kita belinya??…. mungkin. Seperti hukum pasar, permintaan tinggi harga barang akan melonjak sebaliknya permintaan rendah barang akan murah. Otomatis harga RX-King akan murah dong yah, kan permintaan pasar rendah. Tapi jangan salah bro. Hal ini ternyata tidak berlaku bagi biker yang hobby dengan motor ini. Teman saya pemakai RX-King tahun 2005, tunggangannya ditawar orang dengan harga cukup tinggi…7,5juta. Kaget yah bro?? begitupun teman saya. Selidik punya selidik sibapak penyuka berat RX-King. Ketika melihat motor teman yang serba orisinal membangkitkan minat sibapak untuk memiliki. Buat hobby kadang orang memang tidak peduli dengan harga. Kepuasan adalah segalanya.

Tentang accelerasi, RX-King jangan diragukan. Berat kosong yang hanya 100kg, torque 1,54 kgf.m/8000rpm plus tenaga 18,5ps membikin motor ini tiada tanding diajang road race/drag race bercc kecil. Walau jarak jauh kalah dengan kompetitor macam Ninja 150 atau motor 4 tak bercc besar lainnya, akan lain ceritanya jika diadu tarikan jarak pendek. Suara khas knalpotnya yang memekakkan telinga (Apalagi kalau filter karburator dicopot) seperti magnet tersendiri bagi Yamaholic. Peminat motor ini ternyata masih lumayan banyak lho. Coba bandingkan dengan nasib motor 2tak lain yang sudah setengah sekarat (Kecuali Ninja150). Uniknya yang laris malah versi RX-King versi headlamp kotak dibanding RX-King versi anyar/terakhir yang berlampu bulat. Tidak berlebihan dong ya kalau kita sebut SiJambret ternyata masih bergigi.

Undangan JAMNAS V Yamaha RX-King Indonesia (YRKI)

Yogyakarta, YRKI.blogspot.com - Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) dengan tuan rumah Jogja King Club (JKC), mengundang seluruh pecinta Yamaha RX-King di Indonesia untuk menghadiri:

JAMBORE NASIONAL V YRKI TAHUN 2010 (YOGYAKARTA 10.10.10) dengan tema "SATUKAN SANG RAJA DEMI SATU MAHKOTA"

Hari:
Sabtu-Minggu

Tanggal:
9-10 Oktober 2010

Pukul:
09.00 s/d Selesai

Tempat:
Gedung MMTC, Jl. Magelang KM. 6 Yogyakarta 55284.

Kontak:
Ketua Harian YRKI, Pakde JKC Jogja (0856868067070)
Ketua JKC Jogja, Sigit Nurpratama (085743088849)
Ketua PanPel Jamnas V, Kurniawan Budi Susilo (085292003456)

Undangan JAMNAS V Yamaha RX-King Indonesia (YRKI)

Yogyakarta, YRKI.blogspot.com - Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) dengan tuan rumah Jogja King Club (JKC), mengundang seluruh pecinta Yamaha RX-King di Indonesia untuk menghadiri:

JAMBORE NASIONAL V YRKI TAHUN 2010 (YOGYAKARTA 10.10.10) dengan tema "SATUKAN SANG RAJA DEMI SATU MAHKOTA"

Hari:
Sabtu-Minggu

Tanggal:
9-10 Oktober 2010

Pukul:
09.00 s/d Selesai

Tempat:
Gedung MMTC, Jl. Magelang KM. 6 Yogyakarta 55284.

Kontak:
Ketua Harian YRKI, Pakde JKC Jogja (0856868067070)
Ketua JKC Jogja, Sigit Nurpratama (085743088849)
Ketua PanPel Jamnas V, Kurniawan Budi Susilo (085292003456)

Anggota Yamaha RX-King Indonesia (YRKI)


Dibawah ini adalah daftar anggota/club yang sudah tergabung di dalam Yamaha RX-King Indonesia (YRKI), Beberapa anggota "diduga" sudah vakum dan atau sudah berlebur dalam club lain/menjadi satu, untuk itu akan terus dilakukan update.

001 KCDj (King’s Club Djakarta)DKI Jakarta

002 JKC (Jogja King Club) DI. Yogyakarta

003 MKC (Muntilan King Club) Muntilan

004 YKCL (Yamaha King’s Club Lampung) Lampung

005 LOKR-C (Lombok King Rider Club) NTB

006 SKC (Solo King Club) Solo

008 KKC (Kudus King Club) Jawa Tengah

009 KRC (King Rattle Club) Pontianak Kalimantan Barat

010 YKCT (Yamaha King Club Tangerang) Banten

011 J-RKC (Jambi RX King Club) Jambi

012 KOTEG’s (King’s Of Tegal) Jawa Tengah

014 KRC BANDUNG (King’s Rider Club), Bandung, Jabar

015 YAKIMO (Yamaha King’s Kota Metro) Metro Lampung

016 PKC (Prambanan King Community) Klaten Jawa Tengah

017 PARKING (Palangkaraya RX King Club) Kal. Tengah

019 DKC (Depok King Club) Jawa Barat

020 BANDIT (King Bandung Intelektual) Bandung Jabar

022 AKAE (A King Auto Engine) Garut Jawa Barat

023 YRCC (Yamaha RX King Cimahi Club) Jawa Barat

024 KPK (Klaten Punya King) Jawa Tengah

025 CORS (Club Of RX king Semarang) Jawa Tengah

027 KOKIJATIM BLITAR (Komunitas King Jawa Timur Blitar) Jatim

028 BKR (Bali King Rider) Bali

033 WRKC (Wates RX King Club) DI. Yogyakarta

034 LUKCY (Lawu King Community) Jawa Tengah

035 KIMC (King Independent Motor Club) Tj.Pinang Kep.Riau

036 K2C (Klaten King’s Club/Katusi) Jawa Tengah

037 KROS (King Rodo Owah Sitik) Klaten Jawa Tengah

038 BYKC (Boyolali King Club) Jawa Tengah

039 WKC (Wonogiri King Club) Jawa Tengah

040 BYKC (Bontang Yamaha King Club) Kaltim

041 ADKC (Adiningrat King Club) Sukoharjo Jawa Tengah

044 KCG (King Community Gaul) Klaten Jawa Tengah

046 LOTEK-C (Lombok Tengah King's Club) NTB

047 CNKC (Cilacap Nusakambangan King Club) Jawa Tengah

049 MAG-KIc (MAGELANG KING club) Jawa Tengah

052 BKC (Balikpapan King Club) Kalimantan Timur

053 BKC (Bengkulu King Club) Bengkulu

054 DKC (Dolopo King Club) Madiun Jawa Timur

055 KCK (King Cobra Klaten) Jawa Tengah

056 KIPROC (King Purworejo Community) Jawa Tengah

057 LUK-C (Lombok Utara King Club) Nusa Tenggara Barat

058 BYKiC (Bogor Yamaha King’s Club) Jawa Barat

059 BjKC (Bojonegoro King Community) Jawa Timur

060 TKC (Tulungagung King Community) Jawa Timur

062 KCB (King's Club Bogor) Jawa Barat

063 SKM (Serikat King's Merapi) Klaten Jawa Tengah

066 KPC (King Paser Community) Kalimantan Timur

067 TKCs (The King Club Subang) Subang Jawa Barat

068 PANGKI (Pangkalan Bun King Club), KalTeng

069 PACKERS (Pacitan King Riders) Jawa Timur

070 GRC (Garputala RX-King Club) Semarang Jawa Tengah

071 DRAG (Diamond Raid King Club) Kalimantan Selatan

072 KSC (King Sragen Community) Jawa Tengah

074 PLKC (Pujut Lombok King Club) NTB

075 KCS (King Club Samarinda) Kalimantan Timur

076 TRAKC (Tawon Racing King Community) DI. Yogyakarta

077 DKRC (Dedengkot King Road Community) DI. Yogyakarta

078 JACKY (Jakal Club King Yogyakarta) DI. Yogyakarta

080 YRKT (Yamaha RK KING Tasikmalaya) Jawa barat

081 JOKER (Jogja King Racing) DI. Yogyakarta

082 PRKC (Ponorogo Reyog King Community) Jawa Timur

Belum melengkapi Data/Kewajibannya:

CKC (Cirebon King Club) Jawa Barat

WKB (West King Brotherhood) Cikupa Banten

YKCP (Yamaha King Club Padang) Sumatera Barat

KVC (King Variasi Club) Pelalawan, Riau

KMC (King Motor Club) Pekanbaru, Riau

KMC (King Motor Club) Dumai, Riau

KMC (King Motor Club) Bengkalis, Riau

KMC (King Motor Club) Perawang, Riau

KRKMC (Kualuh RX King Modifikasi Club) Sumut

YRKS (Yamaha RX-King Sumedang) ponJawa Barat

IMKB (Ikatan Motor King Barabai) Kalsel

YRKAC (Yamaha RX-King's Atjeh Community) Banda Aceh

BKRC (Baturaja King Rood Club) Baturaja Sumsel

SYKC (Sumbawa Yamaha King Club) NTB

KFC (King Fans Cloeb) Brebes Jawa Tengah

KLC (King Luwuk Club) Banggai Sulawesi Tengah

B'A King (Banyuasin Rx-King Community) Sumatera Sel

KJC (King Jepara Club) Jawa Tengah

Mr.BAROCK (Banjarnegara Road Community King) Jateng

Partisipan:

R-SIC (RADJA STYLIES in CHERBOND) Cirebon, Jawa Barat

YKCJ (Yamaha King Club Jambi) Jambi

KINGKU (Komunitas King Kudus) Kudus

NKC (Nogosari King Club) Boyolali Jawa Tengah

MKC (Manado King Community) Sulawesi Utara

MMS (Modified Motor Singo) Solo Jawa Tengah

KRC (King Rider Club) Medan Sumatera Utara

YRCi (Yamaha RX-King Club Independent) Jakarta

RKC (Raja Klaten Club) Jawa Tengah

SKC (SOLOK KING COMMUNITY) Sumatera Barat

RKC BOR ( Rx King Community Boros Oge Raos ) Bandung, Jawa Barat

New!:

IKTI (Ikatan King Tadulako Indonesia) Palu, Sulawesi Tengah

BRC (Banjarmasin RX-King club) Kalimantan Selatan

MRC (Maniak RX King Community) Salatiga, Jawa Tengah

BROWN (Boement RX KING Owner) Kebuben, Jawa Tengah

Nb.
Sejak 5 November 2010 BARKING (Banjar King Club) Kalimantan Selatan Berganti nama menjadi DRAG (Diamond Raid King Club) Kalimantan Selatan (Nomor Registrasi YRKI -071)”.

Update per 15 Desember 2010.

Program Kerja Yamaha RX-King Indonesia (YRKI)

Program Kerja Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) Tahun 2009-2010:
  1. Pembenahan administrasi dan Pendataan Ulang anggota Yamaha RX-King Indonesia (YRKI);
  2. Melakukan revisi AD/ART Yamaha RX-King Indonesia (YRKI);
  3. Pembuatan Rekening Bank atas nama Yamaha RX-King Indonesia (YRKI);
  4. Pembuatan Website, Blog dan Forum Yamaha RX-King Indonesia (YRKI);
  5. Persiapan Jambore Nasional V Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) Tahun 2010.

Program Kerja Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) Tahun 2010-2011:

Sejarah Yamaha RX -King Indonesia (YRKI)

Yamaha RX -King Indonesia (YRKI) adalah sebagai wadah organisasi bagi semua klub maupun komunitas penggemar sepeda motor Yamaha RX-King di seluruh Indonesia. Awal pendirian YRKI idenya digulirkan oleh 4 (empat) club, yaitu Semarang RX-King Club (SRC), Muntilan King Club (MKC) yang pada saat itu masih bernama KUPEK (Kumpulan Pemuda Pencinta King), Jogja King Club (JKC) dan King’s Club Djakarta (KCDj) pada bulan Mei 2004.

Pada tanggal 11 Juli 2004 pukul 12.00 wib di Puncak Bogor Jawa Barat, YRKI resmi berdiri dengan dihadiri oleh Cirebon King Club (CKC) yang pada saat itu masih bernama YRxC2 (Yamaha Rx Club Cirebon), Jogja King Club (JKC), King’s Club Djakarta (KCDj), Kings Club Tangerang (KCT) dan King Owner Club (KOC) Bandung.

Kepengurusan YRKI dibentuk di Pangandaran Jawa Barat pada bulan September 2004, yang di hadiri oleh JKC, SKC, SRC, CKC dan KCDj.

YRKI tidak memaksakan club Yamaha RX-King yang ada harus ikut bergabung di YRKI. Keikutsertaannya hanya kesadaran dari masing-masing club. Organisasi YRKI adalah bertujuan sosial, tidak untuk mencari uang dalam arti menguntungkan diri sendiri. Bila YRKI mencari dana dari sponsor adalah untuk mengadakan suatu acara, misalnya Jambore atau Baksos yang mengatasnamakan YRKI dan club yang terkait.

Kemajuan YRKI sangat tergantung pada keaktifan dan semangat dari club-club yang tergabung didalamnya. YRKI tidak punya anggota sendiri/perorangan. Anggota dari YRKI adalah club-club Yamaha RX-King. Untuk itu Ketua YRKI haruslah seorang Ketua club agar Program YRKI dapat berjalan dengan baik dengan dibantu oleh pengurus YRKI lainnya yang juga dari Ketua club Yamaha RX-King.

Sumber :
Dodo/KCDj-077
24 Juli 2007

Tentang Yamaha RX-King Indonesia (YRKI)

Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) adalah sebagai wadah organisasi bagi semua klub maupun komunitas penggemar sepeda motor Yamaha RX-King di seluruh Indonesia.

Arti Atau Makna Logo Yamaha RX-King Indonesia (YRKI)

1. Bendera Racing (Checkered Flag) melambangkan motor Yamaha RX-King identik dengan kecepatan dan sportivitas.

2. Mahkota melambangkan Radja sebagai arti dari kata "King", yang diberi tiga logo Yamaha sebagai produsen motor.

3. Warna emas pada mahkota melambangkan bahwa produk motor Yamaha RX-King Indonesia begitu merajai keberadaannya di Indonesia.

4. Lingkaran bawah pada mahkota berwarna merah putih melambang persatuan dan kesatuan komunitas Yamaha RX-King di seluruh Indonesia.

5. YRKI dengan tanda "Trade Merk" merupakan singkatan dari Yamaha RX-King Indonesia yang tidak bisa diganggugugat keberadaannya.

Spesifikasi Yamaha RX-King

MESIN
  • Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
  • Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
  • Volume Silinder : 132 cc
  • Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
  • Kopling : Manual, Basah, Multiplat
  • Susunan Silinder : Satu/Miring
  • Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
  • Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
  • Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
  • Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
  • Baterai : GM 3-3B/12,3
  • Busi : BP 8HS-10
  • Sistem Pengapian : CDI
  • Sistem Pelumas : Autolube

SUSPENSI/BAN
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Swing Arm
  • Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
  • Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR

CHASSIS
  • Berat Kosong : 100 kg
  • Tipe Rangka : Double Cradle
  • Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
  • Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
  • Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
  • Jarak Tempat Duduk : 770 mm

PERFORMA
  • Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
  • Sistem Starter : Kick
  • Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
  • Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM

SISTEM PENGEREMAN
  • Rem Depan : Cakram Double Piston
  • Rem Belakang : Tromol

Karena Usaha Yang Terus-Menerus Untuk Membuat Sepeda Motor YAMAHA RX-KING Yang Lebih Baik, Data² Di Atas Dapat Berubah Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu.

Sejarah Yamaha RX-King

Yamaha, YRKI.blogspot.com - Lebih dari dua puluh tahun yang lalu, tim peneliti pasar berkeliling di jawa, Sumatera dan beberapa bagian daerah lain Indonesia. Mereka mengedarkan desain motor dari Jepang yang akan segera hadir di Indonesia. banyak para pengendara motor yang berkomentar bahwa mereka ingin motor yang gagah. Hasil riset ini disampaikan pada konseptor waktu itu Nobuo Aoshima, Chikao Kimata, Motoaki Hyodo. Dengan sedikit perubahan desain pada bagian depan sehingga mengesankan hewan yang mengejar mangsanya, banyak partisipan riset yang berseru, "ini baru gagah!"

Riset pasar juga menunjukkan bahwa banyak konsumen yang mengeluhkan performa motor 2-TAK boros bahan bakar, rendahnya kekuatan pada kecepatan rendah, dan terlalu banyak mengeluarkan asap.

Lalu diluncurkanlah RX-King pada tahun 1983. "Gagah"... itulah kesan pertama memandang RX-King. Bagian yang mempertegas kesan ini tampak terutama dari grafis pada tangki. RX-King adalah motor 2-TAK yang mengkombinasikan efisiensi bahan bakar hingga 15% berkat Yamaha Energy Induction System (YEIS), dan tenaga besar hingga 5.000 rpm dengan Yamaha Computerized Lubrication System.

Kehadiran RX-King dengan desain dan kemampuannya bagaikan hujan di musim kemarau. Hingga saat ini RX-King menjadi legenda yang menempati hati penggemar motor Indonesia.